Friday, October 12, 2012

Wisata Kabupaten Tabanan

 Tahah Lot

Pura Tanah Lot dirikan pada abad ke XV Masehi. Bila air laut surut, pengunjung dapat langsung masuk ke pelataran pura. Jika air laut pasang, pura ini tampak seperti perahu yang terapung. Dibawah pura terdapat banyak ular jinak yang dipercaya sebagai penjaga pura.
sepanjang jalan menuju lokasi utama terdapat penjual pakaian dan souvenir khas bali dengan harga yang relatif murah. Para wisatawan dapat membelinya untuk dibawa pulang dijadikan oleh - oleh. ular yang menjadi penjaga pura dapat dipegang dan dipercaya dapat mengabulkan apa yang kita mohon. ular tersebut sangat jinak dan terdapat juga orang yang menjaga ular tersebut. Terdengar mitos tentang pura tanah lot dengan luas yang hanya tampak berdiri di atas karang namun berapapun umat yang melaksanakan persembahyangan di pura tanah lot akan tertampung semuanya seolah - olah Pura bagian dalamnya membesar.
Para wisatawan juga dapat menikmati panorama matahari tenggelam yang sangat indah. Tanah lot merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi para wisatawan di daerah Tabanan.


 
 Bedugul

Objek wisata bedugul terletak di desa Candi Kuning, Kecamatan Baturit kabupaten Tabanan. Dari ibukota Denpasar menuju lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam atau berjarak sekitar 90 km mengikuti jalan raya Denpasar menuju arah Singaraja, dengan kondisi jalan yang menanjak. Bilamana sudah mendekati Bedugul atau memasuki desa Pacung, kecamatan Baturiti, maka udara akan semakin dingin dan kadang-kadang berkabut serta seringkali turun hujan, karena kawasan ini berada pada ketinggian antara 1.250 – 1.400 meter di atas permukaan laut. Terdapat beberapa objek wisata yang ada di Bedugul, diantaranya, Kebun Raya Eka Karya, Pasar Candi Kuning, Danau Beratan, Danau Tamblingan, dan Danau Buyan.
Kebun Raya ini merupakan salah satu dari empat kebun raya yang ada di Indonesia dan lebih dikenal dengan sebutan Kebun Raya Bedugul. Objek wisata ini didirikan sejak 15 juli 1959. Awalnya, pendiriam kebun raya ini hanya diperuntukan bagi tumbuhan jenis coniferae, meskipun kini telah berubah menjadi objek wisata Bedugul. Kebun Raya ini memiliki koleksi tanaman yang mencapai kira-kira 16.000 tanaman yang terdiri dari 1.500 jenis, 320 marga, dan 155 suku tumbuhan. Jumlah tersebut akan terus bertambah dari tahun ke tahun.
Saat memasuki kawasan Kebun Raya Eka Karya, Anda akan menjumpai gerbang utama yang berbentuk candi bentar (terbelah) seperti yang biasa ditemui di pura-pura Pulau Dewata. Setelah itu, di sepanjang Boulevard Ramayana Anda akan disuguhi pemandangan eksotis yang mengandung wacana sastra lama. Ada jalinan kisah Ramayana yang tersaji melalui deretan 9 patung berukuran besar. Di kanan-kiri patung-patung berjejer deretan bunga kana berwarna merah dengan latar belakang rumput hijau dan lebatnya hutan di kejauhan.
Para wisatawan dapat menikmati segar dan sejuknya udara di daerah bedugul ini. Sebagai ajang dokumentasi yang sangat menarik berlatar belakang patung raksasa.


No comments:

Post a Comment