Thursday, October 11, 2012

Kuliner Jembrana




AYAM BETUTU GILIMANUK

Ayam betutu gilimanuk merupakan makanan khas Jembrana yang terletak di ujung pulau Bali tepatnya di daerah Gilimanuk. Untuk para wisatawan asing maupun domestik setelah menyebrang dari pulau jawa dapat beristirahat sejenak di warung makan ayam betutu yang jumlahnya cukup banyak. Untuk rasa dijamin para wisatawan akan menambah karena rasa pedas bumbunya ditambah dengan sambal mentah khas bali sangat membuat lidah menjadi bergoyang akan kelezatan rasa ayam betutu.
ayam betutu terdapat 2 jenis yaitu ayam betutu basah seperti gambar diatas dimasak dengan bumbu yang pekat dan rasanya membuat para wisatawan berkeringat karena rasa pedas yang sangat nikmat. kemudian ada juga ayam betutu goreng yang bumbunya terpisah dari daging ayamnya dan rasanya juga tidak kalah saing dengan ayam betutu basah.
untuk para wisatawan dapat mengunjungi warung betutu diantara pukul 10.00 WITA sampai dengan 18.00 WITA karena apabila melewati jam tersebut di perkirakan akan kehabisan stok. Menikmati ayam betutu gilimanuk sebelum melanjutkan perjalanan menuju tempat tujuan selanjutnya adalah pilihan yang tepat.


LAWAR KLUNGAH

lawar merupakan makanan khas bali yang terbuat dari beberapa jenis sayuran yang diolah sedemikian rupa dengan bumbu tradisional. Lawar klungah merupakan makanan khas Jembrana yang terbuat dari klungah yaitu bagian dalam kelapa sebelum menjadi kelapa muda. bagiannya dipisahkan dari kulit kelapa bagian terluar lalu direbus kemudian di cincang menjadi  potongan - potongan kecil, selanjutnya untuk bumbu dibuat dengan racikan bumbu tradisional bali (base gede) kemudian di aduk menggunakan tangan agar bumbunya tercampur dengan rata,
Untuk para wisatawan dapat menikmati hidangan ini yang banyak dijual terutama bersamaan dengan warung makan babi guling yang ada di Jembrana. rasanya tidak kalah saing dengan makanan lainnya yang ada. Lawar klungah cocok untuk makanan pelengkap yang pedasnya cukup untuk membuat kita berkeringat.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment